Matik Injeksi, Siapa Yang Pertama?

Matik Injeksi, Siapa Yang Pertama?



Kelebihan yang ditawarkan sistem injeksi menyebabkan pabrikan lokal belomba-lomba mengaplikasikannya. Terhitung dua motor rakitan lokal sudah mengaplikasikannya, yaitu, Honda dengan Supra X 125 PGM-Fi dan Yamaha dengan Vixion. Kedua motor tersebut adalah berjenis bebek dan sport, sekarang siapa yang akan meluncurkan matik injeksi?

Sebenarnya semua pabrikan sangat berpeluang untuk melakukan hal ini, karena sebenarnya tidak begitu sulit bagi pabrikan menerapkan sistem injeksi pada motor matik, karena sebenarnya mesin motor matik tu samimawon dengan motor jenis lainnya, hanya beda di transmisi doang. Yang perlu dipikirkan adalah seberapa penting sistem injeksi pada mesin motor matik.

Kosumsi bensin yang kurang efisien dibandingkan bebek, menjadikan pe-er besar buat pabrikan motor lokal. Injeksi merupakan salah satu solusi dari masalah ini. Konon selain irit, tenaga yang dihasilkan pun tidak kalah dengan tipe karburator. Karena bebek memang sudah irit dari lahirnya (keculi bebek super) dan orang yang membeli motor sport, adalah kalangan dengan gaya hidup serta tidak begitu memusingkan konsumsi bensin. Menjadikan matik injeksi sebenarnya lebih layak didahulukan dari pada bebek atau sport injeksi.

Masalah harga mungkin yang begitu menghantui, karena imej injeksi yang terkesan mahal. Tapi sebenarnya tidak begitu mahal, mungkin sekitar 1-1,5 juta harus ditambahkan dari versi karburatornya. Harga segini masih kompetitif dengan kopetitornya. Contohnya jika Mio atau Spin dengan harga sekitar 11 jutaan ditambahkan sistem injeksi, maka harganya akan menjadi 12,5 jutaan. Nah lo…masih murah dari Vario kan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar