CEWEK GAUL V.S TURING SENGSARA |
Pasalnya beberapa cewek ini bukanlah peturing dan tak terbiasa dalam lingkungan ‘aneh’ cowok yang memboncengnya. Contoh paling simpel, cuaca yang nggak karuan, panas hujan dan jalan bergelombang membuat para cewek tersiksa. sumber : motorplus
|
May 22 at 9:38pm
Tolong disebarkan sebanyak-bayaknya semoga Tuhan membalas jasa teman teman,Operasi Jantung GRATIS bagi mereka yang tidak mampu, akan dilaksanakn bulan Juli 2010 di Jakarta,Jika rekan rekan ada yang mengenal pasien degan penyakit jantung apapun yang mungkin dapat ditolong, mohon daftarkan data nama, usia, tempat tinggal & nomor yang dapat dihubungi, email: mailto:Iswardi_lingga@yahoo.com (021-71031414) from Loly.
Mungkin ini tidak penting buat anda... tapi bagi lainnya????
tolong sebarkan.
terimakasih....
Khusus anggota YRC untuk motor Yamaha tahun 2005 keatas di bengkel resmi
Yamaha "Dwi Mega Jaya Motor" pada;
...hari: Sabtu/22 Mei 2010
jam: 10.00 - 15.00 wib
Alamat: Jl. Taruna Raya 39 E & F, kayu putih selatan. jak-tim.
Demikian info ini Kami sampaikan, semoga berguna bagi Bro &
Sis...... BRAVO YRC...!!!!
Thanks,
Humas YRC
Yamaha xeon baru sudah meluncur
Yamaha Xeon 125 cc, Motor Terbaru Yamaha
Yamaha XEON 125 cc, motor terbaru keluaran dari Yamaha. Berbagai teknologi terbaru melengkapi Yamaha XEON ini. DiASil Cylinder, tipe cylinder ini memiliki daya tahan yang kuat terhadap aus/gesekan serta sangat mudah dalam melepas panas sehingga umur pakainya menjadi lebih lama (awet). System Liquid Cooled untuk menjaga kondisi temperatur mesin agar tetap stabil terutama pada kondisi jalan yang macet ataupun untuk pengendaraan jarak jauh.Yamaha Xeon 125 cc mengusung mesin 125 cc dengan sistem pendingin cairan (liquid colled) yang lebih mampu menjaga temperatur panas. Selain itu, Yamaha Xeon 125 cc diklaim memiliki kompresi lebih tinggi, tenaga, dan bahan bakar yang tetap irit.
Dari kapasitas mesin, Yamaha Xeon 125 cc akan head-to-head dengan kompetitornya Suzuki Skydrive dan Suzuki Skywave. Selain itu, Honda Vario Techno CBS juga bisa jadi ancaman, meski memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil.
Harga Yamaha Xeon 125 cc dibandrol dengan harga Rp 15,75 Juta (Jakarta). Dan, berikut ini spesifikasi Yamaha Xeon 125 cc
Spesifikasi Yamaha Xeon 125 cc
Forged Piston yang dimiliki Yamaha XEON ini memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap aus/gesekan dan berat yang lebih ringan sehingga menjadikan piston ini memiliki umur pakai yang lebih panjang.
Throttle Position Sensor, karburator yang dilengkapi dengan TPS untuk menghasilkan waktu pengapian yang ideal sehingga menghasilkan pembakaran lebih sempurna, dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.
Auto choke memudahkan konsumen saat menghidupkan mesin dalam kondisi dingin/pagi hari. Dengan Ergonomic Seat Design, membuat bagasi yang lebih luas dan bisa menyimpan lebih banyak banyak barang, termasuk helm half face.
Mesin Yamaha Xeon : | |
Jenis | 4 Langkah, SOHC, Berpendingin Cairan |
Valume Silinder | 124 cc |
Jumlah / Posisi Silinder | Cylinder Tunggal / Mendatar |
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm |
Perbandingan Kompresi | 10,9 : 1 |
Pelumasan | Basah |
Sistem Bahan Bakar | MIKUNI BS 26 x 1 |
Sistem Pengapian | DC C.D.I |
Battery | 12V, 3.5Ah / YTZ5S |
Busi | CR7E (NGK) |
Sistem Starter | Electric & Kick Starter |
Kapasitas Tangki | 4,1 Liter |
Kapasitas Oli Mesin | Total 0,9 Liter |
Berkala | 0,8 Liter |
Tipe Transmisi | V-Belt Otomatis |
Pola Pengoperasian Transmisi | CVT Otomatis |
Tipe Kopling | Kering, Kopling Sentrifugal |
Daya Maksimum | 8,05 kW / 8500 rpm |
Torsi Maksimum | 10,1 Nm / 7000 rpm |
Rangka Yamaha Xeon : | |
Tipe | Pipa Baja |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Lengan Ayun, Suspensi Tunggal |
Rem Depan | Cakram |
Rem Belakang | Tromol |
Ukuran Roda Depan | 70 / 90 – 14M/C 38P |
Ukuran Roda Belakang | 80 / 90 – 14M/C 44P |
Dimensi Yamaha Xeon : | |
Panjang | 1850 mm |
Lebar | 685 mm |
Tinggi | 1050 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 750 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1260 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 125 mm |
Berat Isi | 103 kg |
Matik Injeksi, Siapa Yang Pertama?
Matik Injeksi, Siapa Yang Pertama?
Kelebihan yang ditawarkan sistem injeksi menyebabkan pabrikan lokal belomba-lomba mengaplikasikannya. Terhitung dua motor rakitan lokal sudah mengaplikasikannya, yaitu, Honda dengan Supra X 125 PGM-Fi dan Yamaha dengan Vixion. Kedua motor tersebut adalah berjenis bebek dan sport, sekarang siapa yang akan meluncurkan matik injeksi?
Sebenarnya semua pabrikan sangat berpeluang untuk melakukan hal ini, karena sebenarnya tidak begitu sulit bagi pabrikan menerapkan sistem injeksi pada motor matik, karena sebenarnya mesin motor matik tu samimawon dengan motor jenis lainnya, hanya beda di transmisi doang. Yang perlu dipikirkan adalah seberapa penting sistem injeksi pada mesin motor matik.
Kosumsi bensin yang kurang efisien dibandingkan bebek, menjadikan pe-er besar buat pabrikan motor lokal. Injeksi merupakan salah satu solusi dari masalah ini. Konon selain irit, tenaga yang dihasilkan pun tidak kalah dengan tipe karburator. Karena bebek memang sudah irit dari lahirnya (keculi bebek super) dan orang yang membeli motor sport, adalah kalangan dengan gaya hidup serta tidak begitu memusingkan konsumsi bensin. Menjadikan matik injeksi sebenarnya lebih layak didahulukan dari pada bebek atau sport injeksi.
Masalah harga mungkin yang begitu menghantui, karena imej injeksi yang terkesan mahal. Tapi sebenarnya tidak begitu mahal, mungkin sekitar 1-1,5 juta harus ditambahkan dari versi karburatornya. Harga segini masih kompetitif dengan kopetitornya. Contohnya jika Mio atau Spin dengan harga sekitar 11 jutaan ditambahkan sistem injeksi, maka harganya akan menjadi 12,5 jutaan. Nah lo…masih murah dari Vario kan.
matic itu beda cuy...
MATIC ITU BEDA MAN…!
Banyak yang menganggap nyemplak motor matik itu gampang, tapi kenyatannya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam mengendarainya.
Ada yang bilang nyemplak motor matik tu harus diurut gasnya, maksudnya digeber secara bertahap atau selongsong gas harus diputer perlahan. Ya…pendapat ini bener sih, kan ini berkaitan dengan gerakan pully maju mundur (membesar-mengecil) untuk menambah kecepatan. Eh…bukanya motor tipe lain perlu perlakuan sama, kan demi mesin awet. Meskipun harus ngurut gas jangan salah akan performa matik. Dengan kapasitas mesin yang sama dengan bebek, kecepatan diatas 60 km/jam mudah diraih karena semakin tinggi rpm maka pully lebih cepat bergerak maju atau mundur.
Berbeda motor umumnya distang sebelah kiri nemplok tuas kopling (atau kosong), untuk matik ditanam rem belakang. Hal ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihannya karena dioperasikan tangan rem belakang dapat dioperasikan secara halus dan terhindar dari roda ngeblok. Selain itu kondisi rem menggantung (menekan rem terus-menerus) yang menyebabkan rem dan switch rem belakang menjadi panas tidak akan terjadi. Untuk orang yang yang belum terbiasa, tuas rem belakang disebelah kiri menyebabkan kurangnya reflek pengereman dan yang paling parah akan terjadi kecelakaan.
Untuk sektor bawah tidak perlu mengoper gigi atau injak-injak rem, tinggal taruh kedua kaki di dek (step board). Taruhlah kaki dengan posisi senyaman mungkin, yaitu kaki ditekuk membentuk sudut 90o dengan keadaan yang rileks.
Sekali gas langsung jalan menyimpan bahaya yang besar. Anak kecil bisa saja memainkanya dan menyebabkan motor melaju. Saya sangat mewanti-wanti hal ini untuk pengguna matik. Langkah yang perlu dilakukan adalah selalu menekan rem depan atau belakang bila di traffik light. Yang kedua selalu matikan mesin motor jika berhenti.
Yang penting nyemplak matik itu biasakan dengan rem belakangnya dan ati-ati dengan sekali gas langsung jalan.
Pro-Kontra Mio Soul
Pro-Kontra Mio Soul
Kedatangan Mio Soul sebagai pelengkap varian matik Yamaha, mendapat berbagai tanggapan dari masyarakat. Skuter matik untuk cowok sebenarnya belum benar-benar resmi diluncurkan, karena harganya saja masih menggambang. Ada yang menyebutkan sekitar 12,5 juta, harga ini sangat dekat dengan Nouvo Z saudara matiknya (lain jenis) yang bermain pada harga 12,9 juta. Sudahlah kelihatnnya juga sudah jelas, bahwa Mio Soul bakalan menggeser "saudara tirinya" tersebut. Kan Nouvo Z diperunutkan bagi cowok juga.
Beberapa orang mengagumi desainnya yang futuristis, dan sebagaian lainnya mencemoohnya karena terkesan hanya ganti baju. Dari segi tampilannya, Mio Soul mengalami kemajuan, sebut saja body yang keren, lampu besar, cover CVT baru, speedometer futuristis, key-shutter, cakram dan kaliper baru. Pokonya kalo bodynya jangan ditanya, keren abiz, bahkan desain grafis stippingnya lebih keren dari Mio ZR (versi Thailand).
Sedangkan dari segi performa masih perlu dikaji lagi. Terhitung terdapat beberapa “kemuduran” dari Mio Sporty yaitu performa yang menurun karena bobotnya bertambah. Padahal kan Mio untuk cowok seharusnya lebih kenceng dong! Shock belakang yang katanya keras kurang begitu nyaman dipakai untuk jalan sendiri, apalagi buat nikung, bakalan geal-geol tuh buntutnya si Mio Soul. Step-board (foot-step skuter) yang bagain belakang yang dihilangkan, membuat gaya menikung ala underbone ga bisa diterapkan di disini.
Mungkin semua hal diatas hanya persepsi dan kebiasaan orang saja. Semua tergantung selera masing-masing. Konon Mio ini memiliki konsumsi bensin yang lebih efisien dari Mio Sporty. Mungkin mas-mas yang sudah ngetes bisa bagi-bagi info he…he…
cara kerja CVT
Cara Kerja CVT
Semua komponen CVT terdapat pada boks CVT atau secara kasat mata bentuknya adalah lengan ayun sebelah kiri motor matik kita, yang terlihat begitu besar dan berat. Disitu terdapat tiga komponen utama yaitu puly depan(Drive Pulley), puly belakang(Driven Pulley) dan v-belt. Puly depan dihubungkan ke crankshaft engine(kruk-as), sedangkan puly belakang dihubungkan ke as-roda. Yang menghubungkan puly depan dan puly belakang adalah v-belt.
Pada saat stationer atau putaran rendah, puly depan memiliki radius yang kecil dibandingkan dengan puly belakang atau rasio gigi ringan. Seiring dengan bertambahnya putaran mesin (rpm), maka puly depan radiusnya juga ikut membesar sedangkan puly belakang justru mengecil atau sama dengan rasio gigi berat.
Untuk kerja v-belt hanya menghubungkan kedua puly tersebut agar dapat berjalan secara bergantian. Jadi saat puly depan membesar maka yang menyebabkan puly belakang mengecil adalah karena desakan dari v-belt, karena panjang v-belt selalu sama pada proses ini.
Karena kerja CVT yang linear, maka mesin matik dapat menghasilkan akselerasi yang halus tanpa adanya kehilangan tenaga.
Sumber dan acuan : Rudi Triatmono
bebersih ruang bakar
Ruang pembakaran adalah bagian terpenting dalam sebuah mesin berbahan bakar minyak. Bagaimana tidak, ruang pembakaran ini adalah sebagai proses utama yang mengakibatkan adanya tenaga mekanis yang menggerakan motor kita.
Ruang pembakaran (Combustion chamber) akan sangat kotor sekali bila perawatan kurang telaten. Kotoran dan kerak di ruang pembakaran ini bisa dihasilkan dari Oli, Bahan Bakar, atau kotoran yang masuk melalui knalpot (karat, kerikil, dll). “Tidak ada pembakaran yang sempurna, ia pasti menghasilkan deposit kotoran di ruang bakar” Kata Andre dari Dutamatic Bandung. Pada motor matic yang rata-rata menggunakan RPM dan kompresi yang lebih tinggi dari motor bebek, hal ini perlu untuk lebih diperhatikan, selain selalu merawat motor ke bengkel resmi tentunya.
Akibatnya deposit atau kotoran di ruang bakar yaitu bisa mengurangi efisiensi dari pembakaran, atau yang lebih parah bisa membuat mesin “loss kompresi” karena kotoran menempel di bagian klep dan membuat kompresi hilang, gejalanya bila kick starter kita bejek sama sekali tidak ada beban. Yup, kotoran sekecil apapun yang menempel di klep membuat kompresi yang dibutuhkan untuk pembakaran menjadi hilang. Nah kalau sudah begini, tentu motor sulit atau bahkan tidak dapat dihidupkan. Kalau sudah parah, tentu mesin harus dibersihkan secara manual (turun mesin / overhoule) tentu biaya yang akan dikeluarkan tidak sedikit bukan?
Nah saya ada sedikit tips untuk membersihkan ruang pembakaran ini. Sebaiknya Membersihkan ruang pembakaran ini dilakukan secara rutin, misalnya setiap 10.000 kilometer. Apa yang kita butuhkan adalah sebuah “Combustion Chamber Cleaner”.
Bentuknya dalam botol kaleng, mirip dengan Carburator Cleaner, hanya saja ia memiliki formula yang dikhususkan (jauh lebih keras dari Carburator Cleaner) untuk meng-oksidasi kotoran dan membuangnya melalui knalpot.
Penggunaannya kurang lebih sama dengan Carburator Cleaner;
Pertama, buka dahulu selang dari filter udara ke karburator, pada intake/sambungan karburator selang filter udara ini lah kita akan menyemprotkan Combustion Chamber Cleaner.
Kedua, nyalakan motor, kemudian tarik gas sampai RPM/Putaran tinggi Semprotkan Combustion Chamber Cleaner kepada mulut karburator, usahakan motor jangan sampai mati. Ulangi sekali lagi, kali ini sampai motor mati. Kemudian biarkan selama 15 menit supaya Combustion Chamber Cleaner bekerja.
Ketiga, setelah 15 Menit, nyalakan mesin, dan tahan pada rpm sedang. Pada fase ini, knalpot akan mengeluarkan asap berwarna putih dan bau yang sangat menyengat. hati-hati jangan dihirup. Biarkan putaran mesin pada rpm sedang ini selama beberapa menit sampai bau dan asap putih yang keluar dari knalpot menghilang dengan sendirinya.
Langkah seperti ini dapat di ulang selama seminggu sekali, sampai botol “Combustion Chamber Cleaner” habis (3-4 kali pemakaian). Nah, dengan langkah ini deposit kotoran akan dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Saran saya, gunakan Bahan bakar yang sesuai dengan motor anda, usahakan menggunakan bahan bakan non-timbal, Ganti oli dan bersihkan filter udara secara rutin.
Tips Untuk Para Pemakai Motor Matic
Tips Untuk Para Pemakai Motor Matic
saat putaran mesin idle, kopling ini tidak akan menyalurkan daya sama sekali
saat putaran mesin mulai naik, sampai suatu titik tertentu, akibat gaya sentrifugal yang terjadi pada kopling, kopling akan mulai mengembang dan menghubungkan daya mesin ke roda
ini adalah karakter sistem cvt yang sangat dipengaruhi disain sistem cvtnya,
terutama per-per pada pulley dan per-per pada kopling sentrifugal
masalahnya, tidak ada satupun cara utk menghambat bekerjanya kopling tsb
putaran mesin naik sampai titik itu, dan kopling langsung akan bekerja membuat roda bergerak
fakta itulah yang membuat ada beberapa fitur safety yang cukup standar diterapkan oleh para pembuat kendaraan bertransmisi cvt, misalnya 2 hal berikut ini :
∙-- bila ingin menghidupkan mesin dng electric starter, salah satu tuas rem (depan atau belakang) harus dalam keadaan ditarik
ya betul, ini memastikan, bahwa saat mesin mulai hidup, kendaraan tidak langsung bergerak
apalagi utk beberapa pengendara, ada kebiasaan memutar gas sambil menekan electric starter
sehingga kadang mesin langsung hidup tidak pada posisi idle
utk beberapa motor sport, seperti honda tiger, fitur yg serupa tapi tak benar2 sama juga ada,
filosofi yg sama dng detil proses yang berbeda
fitur safetynya akan berfungsi saat posisi gear tidak dalam keadaan netral, electric starternya pun tak akan berfungsi kecuali bila tuas kopling dalam keadaan ditarik
»»» walaupun bisa dilakukan utk beberapa skuter, sebaiknya tidak menghidupkan mesin dng electric starter saat motor terpasang standar samping dan pengendara tidak berada di atas motor (biasa dilakukan utk memanaskan mesin sebelum berkendara)
sebaiknya memanaskan mesin dng memasang standar ganda, utk memastikan roda belakang bebas berputar tanpa bisa menggerakkan kendaraan ke depan
keuntungan lain memanaskan mesin dng memasang standar ganda adalah memastikan oli mesin terdistribusi lebih merata
»»» hindari juga kebiasaan buruk membiarkan anak2 bermain dng naik ke motor saat mesin hidup (dipanaskan)
krn resiko si anak memutar gas dan membuat motor bergerak adalah sangat besar
»»» tips ini juga perlu diperhatikan utk para pengendara yang sering membawa anaknya di bagian depan kendaraan
beberapa insiden yang terjadi bahkan bukan saat berada di jalan, tetapi saat baru memulai perjalanan atau saat memarkirkan kendaraan
si anak yang akan turun/naik dari kendaraan secara tidak sengaja memegang grip gas dan memutarnya membuat motor bergerak di luar kendali
pastikan mesin motor mati sebelum si anak turun atau naik kendaraan
-percepatan yang tidak terasa
saat berakselerasi, awalnya putaran mesin akan naik hingga mencapai range putaran mesin yg cocok/tepat/nyaman relatif thd berapa variabel di sistem cvtnya (per-per pada pulley, beratnya roller, dll)
setelah itu, putaran mesin relatif akan konstan, walaupun percepatan akan terus naik krn saat itulah sistem cvtnya mengubah rasio yang membuat putaran roda makin cepat sementara putaran mesin relatif konstan (gearing up)
pengendara kendaraan dng transmisi tradisional biasa mengukur kecepatan kendaraan dengan kecepatan putaran mesin
»»» utk mencapai sebuah target kecepatan pada kendaraan bertranmisi cvt,
seseorang harus terbiasa dng pola naiknya putaran mesin saat awal kemudian diikuti dng putaran mesin yang jadi relatif konstan tsb
saat mulai mendekati kecepatan yang diinginkan, pelan2 pengendara harus sedikit melepas gas sambil merasakan sensasi yg sebenernya tidak terlalu natural
yaitu ketika putaran mesin turun tapi kecepatan kendaraan bisa jadi naik
kebanyakan pengendara scooter cvt, setelah berfamiliarisasi dng kendaraannya biasanya bisa mengakomodasi fenomena tsb dan melakukan tanpa disadari
walaupun demikian, sebaiknyalah mereka tau apa yang terjadi dng lebih mengetahui prosesnya
-saat melewati tanjakan
saat melewati tanjakan yang relatif tajam, pengendara kendaraan bertransmisi cvt akan mengalami lagi sensasi yang tidak akan dialami pengendara kendaraan bertransmisi tradisional
kecepatan kendaraan bisa jadi melambat secara dramatis, sementara putaran mesin akan naik
-saat melewati turunan
pengendara kendaraan bertransmisi tradisional, terutama para pemakai kendaraan bermesin 4 langkah, sering menggunakan fenomena engine brake saat melewati turunan
hal ini biasa dilakukan dengan melepas gas secara penuh, dan membiarkan efek engine brake melakukan tugasnya menghambat bertambahnya kecepatan kendaraan
sesuatu yg baik utk dilakukan utk membantu pengereman oleh rem depan dan belakang